Relaksasi Termudah dan Termurah

Konon,relaksasi dapat mengubah stres menjadi gairah hidup.Contohnya adalah relaksasi pernapasan yang dapat dilakukan.Misalnya,saat macet,ban mobil pecah di jalan yang ramai,tegang,dan jenuh karena harus menyelesaikan setumpuk pekerjaan.
Bagaimana caranya? Duduklah dengan tegak,tetapi rileks.Tarik napas dalam-dalam,lalu embuskan perlahan-lahan,lebih baik dengan mata terpejam.Ulangi tiga-empat kali atau lebih.
Logikanya,saat stres,tegang atau emosi labil,pernapasan menjadi buruk,pendek,dan tersengal-sengal.Asupan oksigen ke paru-paru tidak kuat sehingga mempengaruhi kadar oksigen dalam darah.Akibatnya,sel-sel tubuh,termasuk sel-sel otak,kekuranga oksigen.Kekurangan oksigen di sel-sel otak akan mengacaukan aktivitas tubuh dan emosi.Dengan menarik napas dalam-dalam,pasokan oksigen ditingkatkan untuk memenuhi ketubuhan sel-sel otak dan tubuh kita.
Ini merupakan metode relaksasi termudah dan murah karena kita bernapas sejak lahir,dan udara yang dibutuhkan pun tersedia disekitar kita.Ada pendapat,latihan ini meningkatkan kebijaksaan.

(Dikutip dari Kompas Cyber Media,22 Desember 2005)

0 Response to "Relaksasi Termudah dan Termurah"

Posting Komentar